Kenali Ciri-Ciri Gadai Illegal Agar Gadai BPKB Mobil Aman dan Berada di Tangan yang Tepat

Setiap usaha pasti ada-ada saja jenis penipuannya. Tak terkecuali adalah pegadaian.

Baik itu pihak pegadaian maupun pihak nasabahnya pasti masing-masing dari mereka bisa kita temui penipu-penipu ulung yang ingin sukses dengan cara instan.

Hal semacam itu tidak bisa kita tolak kebenarannya. Di setiap kota pasti ada penipu, tapi untungnya lebih banyak orang baik daripada orang jahat.

Supaya kalian terhindar dari penipuan yang dilakukan di pegadaian, khususnya penipuan yang dilakukan oleh pihak gadai, mari kita cari tahu apa saja ciri-ciri gadai bpkb mobil illegal yang harus kita jauhi.

Gadai BPKB Mobil Aman dengan Mengetahui Ciri-Ciri Gadai Illegal

gadai bpkb mobil

Jika Anda menemukan salah satu ciri berikut, alangkah baiknya Anda mengambil langkah bijak untuk tidak gadai mobil atau barang di sana. Bagaimanapun juga, harga mobil itu mahal. Jadi, bijaklah dalam mencari.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri gadai illegal yang perlu Anda hindari.

  • Tidak Memiliki Tempat Penyimpanan Barang Gadai

Jangan terburu-buru dulu sebelum memutuskan menjadikan barang Anda sebagai jaminan pegadaian. Cari tahu apakah mereka punya gudang penyimpanan atau tidak. Apakah tempatnya layak, bersih dan lain-lain.

Pegadaian yang baik pasti selalu memiliki tempat penyimpanan. Jika tidak punya, Anda patut bertanya-tanya.

  • Penaksiran Harga Mobil Tidak Tersertifikasi

Penentuan harga pegadaian tidak boleh asal-asalan. Bahkan ada undang-undang yang rencananya akan mengatur peraturan ini. Bila Anda menemui pegadaian yang menghargai barang Anda berkali-kali lipat lebih murah daripada yang seharusnya Anda dapatkan sebaiknya Anda tinggalkan saja pegadaian tersebut.

Umumnya harga pegadaian adalah 90% dari harga yang ada di pasar. Tapi lebih banyak memakai harga 80% dari harga pasar.

Pegadaian yang legal pasti selalu memiliki jasa taksirnya sendiri. Jadi bila nasabah bingung memberikan harga mobilnya, bisa memakai si jasa taksir ini.

  • Suku Bunga yang dikenakan Pada Nasabah Sangat Tinggi

Kadang hal seperti ini susah Anda hindari. Pasalnya strategi mereka cukup licik. Di awal mereka mengatakan bunganya rendah tapi disusul oleh biaya-biaya lain hingga bunganya pun ditinggikan.

Kalau Anda memperpanjang cicilan kemudian bunganya naik sekian persen itu masih wajar. Bila sampai naik beberapa persen sebaiknya Anda hindari.

Lagi-lagi, jangan terburu-buru

Bunga yang sesuai dengan standar pegadaian adalah di angka 0.05% per hari, atau 1,5% per bulan.

Yang tidak normal itu saat besar bunganya mencapai sekitar 5% per 14 hari atau 10% perbulan.

  • Barang Gadai Tidak diasuransikan

Ada beberapa pegadaian yang memberikan asuransi gratis untuk barang jaminan para nasabah. Pilihlah tempat gadai yang menawarkan kelebihan tersebut.

Barang jaminan tanpa asuransi adalah sesuatu yang berbahaya. Anda tak mau kan kalau barang rusak selama Anda titip ke pegadaian. Sudah bayar mahal, ditambah bunga, cicilan lama, tapi saat barang itu diambil kembali malah keadaannya tidak baik-baik saja layaknya Anda menaruh barang di sana untuk pertama kalinya.

  • Tidak Terdaftar atau Tidak Memiliki Izin di OJK

Tercatat ada sekitar 551 perusahaan gadai swasta yang belum terdaftar di OJK. Anda perlu berhati-hati, sebab jumlahnya sudah begitu banyak. Serta menyelinap diam-diam hadir di antara kebutuhan masyarakat yang dari hari ke hari semakin konsumtif ini.

Data terbaru menunjukkan ada 30 perusahaan lagi, serta mereka memiliki total 57 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berhati-hatilah, dan jangan terburu-buru.

Bila Anda tertarik, Anda bisa mencoba pegadaian milik gadaimobilkredit.com

Segala ciri yang tersebut di atas tidak mereka miliki. Segera kunjungi tempat mereka di Jakarta. Lokasinya sangat strategis, serta mudah di tengah hiruk pikuk kota Jakarta.