Mengenal Bounce Rate Website Dan Cara Menurunkannya

Jasa pembuatan website Bandung hanya membantu Anda dalam membuatkan situs yang bermutu. Desain dibuat sesimple mungkin. Kemudian, halaman penunjang situs dilengkapi supaya memudahkan pengunjung dalam menjelajahinya.

Adanya perilaku pengunjung tersebut sebenarnya mampu menurunkan bounce rate. Tetapi kenyataannya, masih ada hal lain yang bisa menimbulkan peningkatan. Dan tingginya bounce rate ini tidaklah baik untuk Kesehatan situs.

Peningkatan seperti ini sebenarnya bisa diturunkan. Caranya akan kami bagikan di bawah. Tetapi sebelumnya, mari cari tahu apa yang dimaksud dengan bounce rate.

Pengertian Bounce Rate

Istilah ini didefinisikan sebagai persentase dari seluruh sesi di website yang mana visitors melihat halaman tunggal. Setelah itu, pengunjung tidak meneruskan penjelajahannya melalui artikel atau tombol yang terpasang dalam situs.

Pengertian Bounce Rate

Durasi lamanya visitor dalam situs juga sangat mempengaruhi. Ketika pengunjung hanya menghabiskan waktu beberapa detik dan menutupnya, bounce rate ini akan semakin tinggi.

Tingginya bounce rate mengindikasikan bahwa users tidak melakukan interaksi ke dalam situs dengan baik. Pengalamannya di dalam sana kurang menyenangkan. Dan ini setidaknya menggambarkan bahwa situs tersebut tidak berkualitas.

Masalah seperti ini sebenarnya sudah terekam. Google menyadari masalah tersebut. Jika pemiliknya tidak memperbaikinya, posisi sebuah situs akan terancam. Contohnya ialah digantikan posisinya dengan website lainnya.

Situasi ini jelas merugikan Anda sendiri. Karena semakin tenggelamnya situs, maka penghasilan Anda akan berkurang. Bahkan nantinya bisa tanpa pemasukan sama sekali.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Hampir setiap pemilik situs menghadapi tantangan ini. Sebagian telah mampu menanganinya, sementara yang lainnya belum lepas dari permasalahan ini.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Kami berharap supaya Anda termasuk dalam pemilik yang mampu menurunkannya. Kami akan bagikan caranya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuat Navigasi

Navigasi sebuah website sangat penting. Gunanya untuk memudahkan visitor masuk ke halaman lain. Dengan begitu, durasi kunjungan semakin lama dan bounce rate akan turun.

Sebenarnya, navigasi ini sudah dibuatkan oleh jasa pembuatan website Bandung pada awalnya. Hanya saja, Anda masih perlu menambahkan detail kecil saat mengisi situs dengan beberapa konten.

Setiap konten harusnya memiliki cukup internal link. Link tersebut yang menjadi pintu masuk bagi pengunjung ke halaman lain. Dan yang terpenting, buatlah kalimat yang persuasive supaya visitor mau menggunakannya.

Selain itu, jangan lupakan related post. Setidaknya, elemen ini membuat pengunjung lebih mudah untuk menemukan informasi baru. Tentunya informasi yang dinilai penting dan relevan dengan apa yang dibutuhkan waktu itu.

  • Meningkatkan Kecepatan Situs

Cara selanjutnya ialah meningkatkan kecepatan situs. Situs yang memiliki performa luar biasa lebih mudah di akses. Kemudahannya membuat visitor lebih menyukainya. Ini dibuktikan dengan sedikitnya pengunjung yang berbalik arah atau menutup situs terlalu cepat.

Cara yang ditempuh ialah dengan meminimalkan masalah yang berhubungan dengan pemuatan. Contohnya dengan meminimalkan pemblokiran pihak ketiga, pembatasan dalam penggunaan banyak fonts, hingga mengatur ulang gambar dan video dalam situs.

  • Perjelas Langkah Dalam Menjual Produk

Langkah terakhir ialah memperjelas alur dalam penjualan produk. Ini bisa berupa display setiap produk yang mana disisipi dengan tombol menuju halaman transaksi dan lain sebagainya.

Asumsinya adalah pengunjung yang melihat produk akan pergi ke halaman informasi tentang produk. Atau, bisa juga langsung ke halaman di mana pengunjung mulai melakukan transaksi.

Intinya, semakin banyak halaman yang dibuka dan durasinya cukup lama, maka bounce rate akan terpangkas. Jika Anda mampu melakukannya, website akan menjadi lebih kredibel. Dan biaya yang Anda keluarkan pada jasa pembuatan website Bandung segera Kembali, bahkan lebih besar dari sebelumnya.