Metal 3D Printer Cetakan Injeksi: Apa Alasan Perusahaan Menggunakan Alat Ini?

Banyak orang yang mengklaim bahwa percetakan 3D injeksi adalah alternatif yang baik dalam dunia percetakan. Metal 3D printer cetakan injeksi ini memiliki dampak besar bagi produksi. Dengan menggunakan printing injeksi ini maka pekerjaan semakin mudah dilakukan. Dulu untuk memproduksi suatu barang harus membutuhkan waktu beberapa minggu dan mengeluarkan banyak uang, sekarang dalam beberapa jam saja suatu produk bisa diselesaikan dengan menggunakan 3D metal printer injeksi ini.

Alasan Masih Mematuhi Proses Metal 3D Printer Cetakan Injeksi

Banyak perusahaan sekarang sudah banyak menggunakan proses pencetakaan 3D injeksi ini. Hal ini dikarenakan tak membutuhkan waktu berbulan – bulan lagi untuk membuat produk cetakan logam. Selain itu perubahan desain hilir yang menghasilkan sejumlah besar uang yang diinvestasikan sehingga lebih menguntungkan. Metal 3D printer cetakan injeksi ini juga lebih murah daripada printer 3D tradisional. Ada banyak alasan lainnya perusahaan masih mematuhi proses printer injeksi ini, berikut diantaranya:

1. Kualitas Permukaan

Cetakan 3D ini diproses secara lapis demi lapis untuk mendapatkan bagian dimana hal ini akan menghasilkan efek langkah pada permukaan produk. Ada beberapa masalah pada printer injeksi ini yang sama seperti cetakan biasa. Permasalahan ini yakni membutuhkan permesinan untuk menghilangkan lubang kecil bergerigi. Lubang kecil ini harus dibor dan fitur ulir ini memerlukan penggilingan.

2. Faktor Ukuran

Jika Anda ingin merancang produk logam metal 3D printer injeksi ini mungkin tidak ada masalah. Meskipun presisi tinggi dari peralatan aditif saat ini. Hal ini tidak sebanding dengan pusat permesinan dan peralatan EDM. Maka dari itu hal ini sangat mempengaruhi faktor ukuran pada suatu produk.

3. Lingkungan Suhu Tinggi

Metal 3D printer cetakan injeksi ini butuh dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi untuk memastikan kinerja aliran bahan yang baik. Cetakan logam ini biasanya mengalami suhu sekitar 260 derajat celcuis bahkan lebih tingi. Hal ini memudahkan untuk menghasilkan ribuan bagian dengan cetakan logam injeksi ini. Dan juga hal ini bisa digunakan sebagai cetakan transisi sebelum cetakan produksi massal akhir dikeluarkan.

4. Biaya Perbandingan

Alasan menggunakan cetakan 3D metal X ini yakni biayanya yang rendah. Biasanya cetakan permesinan bisa mencapai 2000 dolar bahkan lebih. Biaya percetakan biasanya hanya dipertimbangkan pada konsumsi bahan, belum memperhatikan tenaga kerja, perakitan dan pemasangan. Sebagai contoh, percetakan alumunium 3D dicetak dengan biaya 1500 dolar untuk produksi. Anda memerlukan mencetak ulang dan cetakan sebanyak 50 – 100 produk yang dihasilkan. Hal ini memperlihatkan bahwa 3D printer injeksi lebih menekan biaya daripada printer biasa.

5. Desain Produk

Dari awal cetakan injeksi ini diluncurkan sampai dengan saat ini cetakan 3D metal injeksi yang sangat terbaru sudah beberapa kali mengalami perubahan. Misalnya, persyaratan cetakan alumunium harus memiliki sudut lebih dari atau sama dengan 5 derajat. Cetakan metal 3D injeksi ini menantang untuk membentuk logam dan perawatan ekstra yang diperlukan untuk jumlah dan posisi pemasangan cetakan injeksi ini.

Berikut adalah alasan suatu perusahaan masih mematuhi proses metal 3D printer cetakan injeksi. Selain itu juga banyak keuntungan menggunakan alat ini. harusnya Anda segera beralih menggunakan metal 3D printer injeksi ini untuk mempermudah produksi Anda. Agar hasil produksi Anda maksimal dan memiliki kualitas yang bagus. Selain itu Anda juga akan mendapatkan keuntungan uang yang sangat banyak. Tunggu apalagi ganti cetakan tradisional Anda dengan metal 3d printer injeksi ini.