Kemungkinan Pertanggungan Atas Kerusakan Mobil Rental

Segala kemungkinan bisa terjadi ketika sudah berada di jalan raya. Anda harus memahami perjanjian yang dibuat dengan pihak mobil rental. Dengan begitu, Anda akan mengetahui siapa yang berkewajiban untuk menangani masalah tersebut.

Skema pergantian ini sebenarnya sudah diatur dalam sebuah kebijakan. Setiap rental sudah memiliki asuransi. Tidak terkecuali dengan rental mobil Medan ini.

Tetapi, Anda perlu memahami siapa yang harus bertanggung jawab. Karena sebagian dari pengajuan klaim membutuhkan biaya. Dan biaya ini pasti ada yang menanggungnya.

Untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab, ini bisa dilihat dari situasinya. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Kecelakaan Dengan Supir Bawaan Rental

Kondisi pertama ini menggambarkan bahwa kecelakaan terjadi begitu saja. Ini bukan berasal dari kelalaian dari supir. Tetapi memang ini merupakan musibah yang tidak bisa dihindari.

Dikarenakan Anda menyewa mobil dengan supir bawaan rental, pihak asuransi yang akan bertanggung jawab dalam kasus tersebut. Penyewa tidak akan dibebani biaya apapun. Karena hal ini merupakan risiko yang sudah ditanggung oleh pemilik rental.

Pemilik rental akan memanfaatkan asuransi untuk melakukan perbaikan kendaraan. Dan pemilik rental juga yang akan mengurusi keseluruhan biaya klaim.

Untuk supir dan penumpang (penyewa), masing-masing akan mendapatkan santunan. Ini sudah diatur oleh undang-undang yang berlaku. Tentunya dengan asumsi bahwa kecelakaan ini menimbulkan permasalahan serius bagi supir dan penumpang.

Kecelakaan Akibat Lalainya Pengemudi

Kondisi kedua ini diasumsikan merupakan kesalahan pengemudi. Di sini, Anda masih memanfaatkan sewa mobil Medan dengan supir yang disediakan oleh pemilik rental.

Kecelakaan Akibat Lalainya Pengemudi

Ketika kendaraan mengalami kerusakan, penyewa juga tidak dibebani dengan biaya pergantian. Pihak rental yang akan menanggungnya.

Penyewa juga berhak mendapatkan pergantian unit kendaraan baru. Untuk mendapatkannya, penyewa perlu menghubungi pihak rental. Atau, supir yang akan menghubunginya.

Biasanya, pihak rental akan segera mengirimkan kendaraan pada Anda. Anda cukup menunggu kendaraan setelah menghubungi rental sebelumnya. Namun Anda tetap menggunakan supir sebelumnya.

Kalau Anda memiliki complain, Anda bisa meminta pihak rental untuk mengganti supir. Ketika disetujui dan supir tersedia, pemilik rental akan memberikannya. Tetapi bila tidak tersedia armadanya, Anda perlu bersabar dengan supir yang sebelumnya.

Kecelakaan Akibat Kesalahan Penyewa

Kondisi ketiga ini merupakan gambaran dari kesalahan penyewa. Ketika kecelakaan terjadi pada mobil rental, penyewa yang akan dimintai pertanggungjawaban.

Tanggung jawab ini diberikan meskipun Anda menggunakan supir bawaan ataupun tidak. Karena sumber permasalahannya berasal dari pihak penyewa.

Anda harus memahami detail kesalahannya. Denda yang dibebankan sesuai dengan tingkat keparahan. Dan pihak rental biasanya memberikan beberapa opsi untuk melakukan perbaikan.

Pertama ialah memberi keleluasaan pada Anda untuk memperbaiki kendaraan di bengkel manapun. Keseluruhan biaya perlu ditanggung. Bahkan, waktu perbaikan akan dihitung oleh pemilik rental.

Kedua ialah membatasi penyewa untuk melakukan perbaikan. Maksudnya, penyewa diwajibkan untuk memperbaiki kendaraan di bengkel tertentu.

Opsi kedua ini sebenarnya bagus. Pihak rental biasanya akan langsung mengalkulasikan keseluruhan biaya. Mulai dari perbaikan kendaraan sekaligus waktu perbaikan. Dengan begitu, Anda cukup mengeluarkan biaya yang telah disebutkan oleh pihak rental.

Keseluruhan skema pertanggungan ini sudah dijelaskan. Bahkan telah tertulis ketika Anda melakukan sesi penandatanganan sewa kendaraan. Untuk itulah, pahami situasinya agar Anda bisa lebih berhati-hati.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan di sini. Apabila Anda memutuskan untuk menyewa mobil rental tanpa supir, kemudikan dengan hati-hati agar terhindar dari risiko denda.